Perbedaan HACKER Dan CRACKER

            Hacker umumnya seorang profesional yang sangat ahli dala dunia hardware maupun software komputer , dengan didukung kemampuan seluk beluk sistem dan ilmu pemograman . Hacker bekerja sebagai penguji suatu sitem untuk menemukan titik lemah keamanan dan memperbaiki nya agar sistem tersebut dapat bekerja maksimal, dan tentu itu tiidak murah , itu salah satau orang ingin sekali menjadi Hacker .

            Sedangkan cracker hampir sama dengan hacker hanya saja dia tidak profsional karena memanfaatkan kemampuannya untuk merusak suatu sitem sofware maupun hardware untuk kepentingan pribadi , semisal membajak software berbayar menjadi gratis , atau mengacak data pribadi untuk menghasilkan uang .

            Dunia cyber ada juga yang menyebutnya dunia underground karena sulit mendeteksi dimana mereka berada dan selalu berpindah pindah dan sering mengunakan nama samaran dalam aksinya , selain itu misi yang di bawanya pun berbda beda ada yang hanya untuk kesenangan seperti bermain game online hingga untuk menghasilakn uang .

Bagaiman Mereka Bekerja ?


          Ada beberapa metode dalam melakukan Hacking dengan karakter yang berbeda beda tentunya , dibawah ini adalah beberapa teknik yang sering digunakan Hacker atau Cracker dalam beraksi . 

  1. Phising
    Tenik dengan mengirim email palsu atau link palsu untuk target yang di inginkan , apabila target mengklik link tersebut akan membuka sebuah website yang akan menanyakan user name dan password , atau didalam website tersebut langsung berisi backdoor untuk mengakses seluruh komputer si target .
  2. Trojan 
    Berfungsi sebagai penyusup untuk mendeteksi kelemahan atau celah yang dapat di manfaatkan si pelaku dalam mengakses jaringan tersebut . Cara kerjanya dengan bersembunyi dalam suatu software atau file yang akan bekerja jka software tersebut dijalankan dan secara otomatis trojan mengambil data lalu dikirimkan kepada Hacker atau cracker  , dan biasanya dalam kondisi terhubung ke internet ( Online )
  3. Keyloggers
    keylogger atau semacam software yang beguna untuk memantau kegiatan eyboard komputer , dengan cara merecord setiap tomb yang di tekan oleh user . Dapat juga dimanfaatkan untuk mereka yang telah berkeluarga guna memantau kegiatan anaknya karena keylogger akan merekam semua situs yang  di "search".
  4. SQL Injection
    SQL Injection adalah sebuah teknik hacking dimana seorang hacker dapat menginsert perintah perintah  SQL melalui url untuk dieksekusi oleh database.
  5. Denial Of Service
    Denial of service adalah sebuah jenis serangan ya g dilakukan di internet , yang memiliki tujuan guna pencegahan terhadap user untuk melakukan akses komputer atau jaringan tertentu. Serangan DOS mentargetkan bandwith dan koneksi sbuat jaringan untu dapat mencari misinya . serangan pembajiran traffic terhadapt bandwith dalam suatu jaringan , dengan memanfaatkan perangkat  yang sudah tersedia  pada jaringan itu sendiri, sehingga membuat user yang mengalami hilang koneksi dan membuatnya tidak dapat terkoneksi ke server kembali . 

Share: