DVD Tidak Terbaca





Pernah suatu hari saya selesai install ulang windows saya mengalami kejadian yang aneh dimana DVD saya ga kebaca di explorer , sudah dengan cara ganti DVD , dengerin suara putaran DVDnya namun semuanya normal akhirnya saya buka create and remove disk partition dan akhirnya ada yang janggal mengalami error.

               DVD saya menjadi unknow , akhirnya nemu artikel dalam bahasa inggris yaitu karena dimana Driver SATA tidak terinstall , Oh ini terjadi di laptop saya yang memakai AMD sebelumnya penyebabnya adalah saya upgrade dari windows 7 ke Windows 10 .

            Akhirnya saya mencoba mendownload driver AMD Sata di website resmi AMD namun masih aneh , ternyata caranya seperti ini yang benar :



              -  Download AMD Sata / Intel Sata Tergantung Laptop kamu

- Setelah itu jalankan hasil downloadnya , sebenarnya namanya extrack namun setelah di extract keluar lagi tuh proses intalasinya  lakukan extact saja jgn di install otomatis.

- Buka Device Manager





- Lalu Klik pada IDE ATA / ATAPI Controler lalu biasanya ada di bawahnya kalo belum ke install SATA biasanya masih IDE .

              


- Klik kanan Disitu lalu pilih Update Driver
              
              









- Setelah Klik Update Driver pilih “ Browse my computer for driver software”

               



- Setelah itu cari dimana kalian extrack hasilan td foldernya lalu klik Next saja

             



- Setelah itu next saja dan ikuti perintah nya , good luck semoga beruntung jika masih bingung boleh menanya kembali agar lebih jelas :D



Share: