HP pas dinyalain kok langsung mati ? Solved


Pernah ga punya HP smartphone pas pencet tombol power masuk logo kok mati langsung .



banyak kan yang berpikir , wah dah kena IC nih , entah IC power , Chipset dll , atau ada yang berpikir yah Bootlop .

Ya ga salah itu wajar karena kerusakan HP bisa di sebabkan dua faktor , Hardware maupun Software .

nah kali ini gue mencoba menyelesaikan masalah ini

Ceritanya gue iseng buka grup Facebook , ada keluhan orang yang MI Accountnya nyangkut , biasa ada yang jawab Bypass , Clean By Server.

Mencoba lah gue komentar karena gue pernah megang HP Redmi 3/3s akhirnya gue ketik bisa tuh tanpa clean by server .yang pasti cara ini agak rumit , resiko hardbrik juga , ada yang komen ga bisa harus lewat bypass atau server , ya gue yakin bisa gue bales aja bisa kok tanpa bypass yang punya resiko salah satunya bisa wifi error dll atau lewat server yang pasti biaya agak lebih mahal ya .

oh gue bukan profesional dalam memperbaiki HP , lebih sering merusak oke jadi ini sebuah pengalam bukan profesionalitas .

nah ada yang nanya emang bisa di benerin nya begitu , gue jawab bisa kok ya di cusrom , urutannya UBL - TWRP - CUSROM .

blaablablaaablaa mbak mbak ini chat lewat inbox nanya nanya , kasih nomer whatsapp lokasi dll , ini pertama gue benerin HP orang yang ga gue kenal ya .

nanya nanya ketemu deh akhirnya gue kasih foto KTP gue biar ga dikira maling .
selalu lakukan cek fisik dulu , gue nyalain tuh HP , nah ga nyala sebelumnya dia kasih foto HPnya cuma nyangkut di FASTBOOT .

gue tanya , kok ga nyala , dia jawab katanya baterei lemah , yauda bissmilah bawa pulang  , sampai rumah gue coba nyalain , ga bisa kan , di cas nyala muncul logo MI langsung mati .
teliti lagi gue denger suara charger gue kayak bunyi listrik , cabut colokan  langsung bongkar HPnya.

Bongkar HP bautnya cuma sisa 3 biji , pas buka pelindung Motherboard , eh batrei lepas sendiri .

yauda bongkar dulu tuh pelindung motherboardnya .



Step yang gue lakukan adalah men jumper batereinya .
  • Pertama gue sambungkan chargernya tanpa baterei , nah masuk muncu logo MI .
  • Kedua gue ambil baterei nya langsung sambung ke socketnya 
  • dan kalo bergetar hpnya cek apa  daya masuk , kalo ga bergetar bateri sudah mati OK .

Dan Batere HP nya terisi , karena 0% gue tinggal dulu karena sebelumnya mau buat tutorial UBL juga dan lain lain .

Top 30 Spongebob Time Cards GIFs | Find the best GIF on Gfycat






Nah baterei dah 90% dah siap siap nih mau langsung UBL

Kepo lah gue ga masuk ke download mode langsung nyalain aja , malah semua normal bisa masuk Home Screen .



Ya sudahlah ga jadi UBL dan lain lain ,balikin ke Customer , di bayar deh , ya enak cuma masalah sepele dapet uang , tapi ya kurang puas hehe .

Kesimpulannya : HP Rusak bisa benerin sendiri benerin , ga bisa minta tolong . Simple
Share: