Tipe serangan pada Wireless LAN (WLAN ATTACKS)

Cyber-Attack: What's at Stake


Dalam beberapa tahun terakhir kebutuhan akan akses wireless data semakin meningkat . wireless LAN (WLAN) merupakan salah sau teknologi wireless data yang ramai digunakan saat ini. Banyak aplikasi WLAN yang di gunkana di perkantoran ,logistik,retaildan industri untuk kontrol investaris, komunikasi dan aplikasi wireless lainnya .

Selain banyak di peroleh keuntungan dengan di gelarnya WLAN, Terdapat juga faktor penghambatnya . Salah satunya dalah masalah security atau sisi keamanannya . Sebagai akibatnya maka beberapa orang masih khawatir atau bahkan melarang penggelaran WLAN ini si lingkungan tempat mereka bekerja.


  • Faktor pendorong dan penghambat 

Terdapat beberapa alasan baik faktor pendorong maupun penghambat pemanfaatan WLAN. Dari sisi pendorong kenapa orang memilih untuk mengimplementasikan WLAN adalah masalah mobility.Dengan adanya jaringan WLAN di suatu kantor maka pegawai dapat melakukan koneksi ke jaringan dalam kondisi mobile atau pindah dengan mudah .

kemudian alasan ke dua adalah No Cabling . Dalam arti pemanfaatan WLAN akan mengurangi jumlah kecil kabel yang di gunakan Sehingga akan rapi dan biaya untuk Cabling akan berkurang. Alasan selanjutnya dalah Acces ( Roaming ) any where. yaitu Client dapat memgakses ke server /jaringan simanapun pada jangkauan WLAN.

Sedangkan faktor penghambat digelarnya wireless Lan yang paling dominan adalah karena masih adanya kekhawatiran calan pengguna terhadap keamanan data.


  • Tipe Tipe serangan pada Wireless Lan 


Secara umum terdapat beberapa tipe ancaman keamannya yang mungkin terjadi pada sebuah jaringan Wireless LAN , yaitu :


  1. Jamming (DoS) Lihat selengkapnya!
  2. Passive Attacks ( Eavesdropping ) Lihat selengkapnya!
  3. Active attack ( Conneting, Probing, dan Configuring network ) Lihat selengkapnya!
  4. Man-in-the-middle attacks Lihat selengkapnya!
  5. Keamanan FIsik Lihat selengkapnya!

Klik lihat selengkapnya untuk lebih detail pada tipe tipe serangan WLAN . Terima kasih sudah hadir di Blog sederhanan saya 
Share: