Jamming ( DoS )

Jamming/Denial of Services Attack ( DoS ) Attack mudah untuk di terapkan ke dalam jaringan wireless. Jamming terjadi jika dapat frekuensi RF saingan yang dapat menganggu kerja dari  Wireless LAN. Jamming ini dapat terjadi baik itu disengaja maupun tidak sengaja . Jamming ini dapat terjadi baik itu di sengaja maupun tidak sengaja. Jamming yang tidak sengaja biasanya disebabkan oleh kehadiran alalt alat disekitanya seperti cordless phone, b;ueyooth, dl yang memiliki frekuensi kerja yang sama . Hal ini dapat dihindari oleh admin jaringan dengan menerapkan suatu aturan yang melarang keberadaan alat alat ini sehingga tidak menganggu kerja WLAN tersebut atau menggunakan alat yang lain dengan frekuensi operasi yang berbeda.

Jamming yang di sengaja oleh attacker biasanya dilakukan dengan membangkitkan satu frekuensi yang sama dengan frekuensi WLAN dengan daya ( power ) yang lebih besar daripada daya WLAN wksisting. Dengan demikian sistem WLAN seolah olah mendapatkan noise yang besar dari luar sehingga komunikasi antara AP dan CLient tidak bisa dilakukan (terputus) .Gambar di bawah mengilustrasikan bagaimana seorang Jammer dengan menggunakan HIgh Power RF Signal Generator melakukan Jamming.

Untuk melakukan hal ini, pemyerangan memerlukan  alat seperti PDA/Notebookyang telah dilengkapi Wireless card untuk mengacaukan trafik WLAN dan Spectrum Analyzer , untuk mementukan pada frekuensi berpakah jaringan tersebut bekerja .


Contoh contoh jamming yang mungkin terjadi yaitu :

  • Client Jamming :
    jamming pada sebuah client memungkinkan sebuah client "nakal" umtuk mengambil alih atau menirukan ungsi dari client yang sah. Selain itu, dengan melakukan jamming dapat merugikan client yang ingin mengakses jaringan atau menjalankan aplikasi secara remote

    Skema :
    USER - Jammer<>Attacker - Network Acces Point 
  • Base Station Jamming
    Jamming pada sebuah base station dapat mematukan fungsinya . Apabila hal ini dilakukan pada base station sebuah perusahaan telekomunikasi , maka dapat membawa kerugiandan kehilanagan pelayanan kepada pelanggannya.

    Skema :
    User - Attacker <> Jammer - Network Acces Point 


Share: